Pembukaan KKN di Desa Bandung tahun ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 yang bertepatan dengan musyawarah desa sekaligus melibatkan perangkat desa dan tokoh desa. Acara ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan perangkat desa. Acara pembukaan KKN berlangsung lancar dan dibuka oleh bapak camat serta dihadiri oleh Sekcam, Kapolsek, Korwil, tokoh-tokoh masyarakat para kiai dan ulama yang ada di desa Bandung, dosen pembimbing serta mahasiswa KKN.
Acara di mulai dengan pembacaan susunan acara oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Selanjutnya sambutan oleh bapak kepala desa, bapak camat, bapak kapolres, dosen pembimbing KKN, dan koordinator desa. Banyak pembahasan yang disampaikan mengenai kondisi desa dan proyek kedepannya yang akan di laksanakan. Adapun usulan program-program kerja dari desa maupun Mahasiswa KKN untuk di laksanakan di desa Bandung. Bapak kepala desa juga menyampaikan permasalahan yang ada di desa serta kendala yang menghambat jalannya program kerja.




Menurut kepala desa, Desa Bandung ini merupakan jantung dari kecamatan Konang.  Alasan. Bapak kepala desa menyampaikan bahwa tingkat kesadaran dan minat warga terhadap pendidikan sangat rendah dimana dari jenjang SD yang melanjutkan untuk pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi hanya 50% dari 400 siswa pada tahun 2017. Beliau mengharapkan guru dan orang tua memberikan motivasi terhadap anaknya agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan adanya Mahasiswa KKN bapak kepala desa mengharap dapat membantu permasalahan ini.

Beberapa program yang diajukan oleh Mahasiswa KKN telah dimusyawarahkan dengan perangkat desa. Hal ini mendapat apresiasi dari perangkat desa, alim ulama dan masyarakat. Terdapat beberapa lembaga-lembaga formal pendidikan dan non formal. Meliputi SD, MI, MTS, SMP, SMA Aliah setara SMK. Pembangunan di desa bandung jauh lebih ketinggalan dari pada desa-desa lain. Pembangunan infrastruktur untuk pembangunan desa yaitu jalan rusak dan belum pernah di bangun itu berkisar 21 km.
Kordes (kordinator desa) KKN 01 menyampaikan program kerja yang akan di laksanakan pada program KKN tahun ini meliputi empat aspek yaitu aspek teknologi, pendidikan, sosial masyarakat, lingkungan masyarakat.
  1. Aspek teknologi
  2.  Aspek Pendidikan
  3. Aspek Pertanian


Setelah acara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama. KKN tematik mandiri kelompok 01 telah resmi di buka. Selanjutnya adalah pengamplikasian program kerja yang telah di susun selama sebulan ke depan di desa Bandung kecamatan Konang kabupaten Bangkalan.

0 Komentar