GERAKAN CUCI TANGAN MEMAKAI SABUN DAN MENYIKAT GIGI DENGAN BENAR


Sanitasi merupakan perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran demi menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Melalui Program Sanitasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun & Gerakan Sikat Gigi Dengan Benar memberikan pemahaman bagi siswa SDN Bandung 1 khususnya kelas satu dan dua tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun dan gerakan menyikat gigi dengan baik dan benar bagi anak-anak, guna meningkatkan budaya hidup bersih dan hidup sehat anak-anak di Desa Bandung.
Dilaksanakan pada tanggal 19 dan 23 Juli 2019, kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas satu dan dua SDN Bandung 1 sebanyak 30 siswa kelas satu dan 20 siswa kelas dua. Bertempat di ruang kelas satu dan lapangan SDN Bandung, para siswa dengan antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Dimulai dai sosialiasi gerakan cuci tangan dan dilanjut dengan sosialisasi sikat gigi yang baik dan benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah learning by doing mempraktekkan gerakan cuci tangan melalui tarian sederhana dan mempraktekkan gerakan sikat gigi dengan media boneka gigi. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dapat menghindarkan anak-anak dari perilaku hidup kotor agar terhindar dari segala penyakit yang bersumber dari pola hidup yang tidak bersih.
Kegiatan ini berlangsung dengan lancar, hanya saja karena yang menjadi sasaran kegiatan adalah anak-anak, mereka kesulitan mengikuti kegiatan dengan runtut, jadi kadang tidak kondusif.

Posting Komentar

0 Komentar