PEMBUKAAN KKN TEMATIK MANDIRI 77 DESA BANDUNG





Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 77 Desa Bandung Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 1 Juli Tahun 2019 bertempat di Posko KKN 77 Desa Bandung. Kegiatan pembukaan ini diikuti oleh mahasiswa KKN, dosen pembimbing lapang dan perangkat Desa Bandung. Pembukaan KKN diikuti dengan antusias dan mendapat sambutan yang baik dari perangkat desa dan masyarakat Desa Bandung. 
Acara dipimpin oleh MC formal, diawali dengan bacaan basmalah dan pembacaan susunan acara. Pembukaan dimulai dengan laporan dari koordinator Desa Bandung. Koordinator desa melaporkan jumlah mahasiswa yang KKN dan berharap agar kegiatan kuliah kerja nyata dapat meningkatkan kemajuan Desa Bandung baik sektor ekonomi, pendidikan dan budaya. Selanjutnya sambutan dari kepala desa dan dosen pembimbing lapang. Bapak Kepala Desa Bandung menyampaikan atau memaparkan permasalahan yang ada di Desa Bandung. Bapak Kepala Desa juga berharap bahwa mahasiswa KKN bisa menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat desa dan perangkat desa, serta tokoh masyarakat Desa Bandung. Dosen pembimbing lapang juga memohon izin kepada Kepala Desa Bandung serta ajajrannya untuk menerima dengan baik mahasiswa KKN di Desa Bandung. Dosen pembimbing juga berharap agar mahasiswa dapat menjaga nama baik instansi khususnya dan nama baik Desa Bandung pada umumnya.
Banyak pembahasan yang disampaikan dan harapan kedepan untuk Desa Bandung. Acara pembukaan secara ceremonial dibuka dengan penyerahan secara simbolis atribut KKN dari mahasiswa ke Kepala Desa dan penyerahan bibit sayur seacara simbolis dari dosen ke Kepala Desa Bandung.
Pembukaan KKN di Desa Bandung tahun ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 yang bertepatan dengan musyawarah desa sekaligus melibatkan perangkat desa dan tokoh desa. Acara ini disambut dengan baik oleh masyarakat dan perangkat desa. Acara pembukaan KKN berlangsung lancar dan dibuka oleh bapak camat serta dihadiri oleh Sekcam, Kapolsek, Korwil, tokoh-tokoh masyarakat para kiai dan ulama yang ada di desa Bandung, dosen pembimbing serta mahasiswa KKN. Selanjutnya MC mempersilahkan setiap mahasiswa penanggungjawab kegiatan untuk mempresentasikan progra kerja yang akan dibawa selama 1 bulan ke depan. Program kerja dari kelompok KKN 77 mendapatkan sambutan yang baik oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat yang hadir. Tokoh masyarakat dan  kepala desamemberikan gambaran kendala yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa KKN dan memberikan saran atas prohgram kerja yang akan dilaksanakan. Setelah pemaparan program kerja serta harapan-harapan disampaikan acara di tutup dengan pembacaan doa oleh tokoh masyarakat. Penutup doa tersebut sekaligus memberikan sinyal bahwa KKN 77 Desa Bandung resmi di buka. Selanjutnya mahasiswa KKN harus mengaplikasikan program kerja masing-masng dan belajar mencari solusi akan kendala-kendala yang terjadi di Desa. 





Posting Komentar

0 Komentar