POSYANDU DAN CEK KESEHATAN GRATIS




Pelaksanaan program ini guna memberikan pelayanan kesehatan kepada warga desa Bandung. Pelayanan kesehatan ini diberikan berupaposyandu balita dan cek kesehatan gratis bagi lansia. Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan pada tangga 15 juni 2019 di dusun pangloros, desa Bandung, kec.Konang.  pelayanan posyandu ini ditujukan kepada balita berusia 0-5 tahun. Dan cek kesehatan gratis ini ditujukan kepada ibu-ibu balita dan juga lansia lainnya. Pelayanan kesehatan ini dimulai pada pukul 09.00 sampai 12.00, dimulai dari posyandu balita, kemudian cek kesehatan ibu-ibu balita dan juga lansia lainnya.
Adapun kegiatan dari posyandu balita yaitu : (1) pendaftaran, (2) penimbangan berat batan , (3) mengukur panjang badan atau tinggi badan, (4) pengisian KMS (kartu Menuju Sehat), (5)  pemberian kapsul vitamin A, (6) pengambilan KMS dan pulang

Kegiatan dari cek kesehatan gratis yaitu : (1) pendaftaran, (2) pengukuran tekanan darah, (3) pemeriksaan, (4) pemberian obat dan pulang.
 Dengan adanya pelayanan kesehatan rutin ini diharapkan dapat memantau kesehatan warga desa dari mulai balita hingga lansia, sehingga apabila terdapat tanda-tanda dari suatu penyakit dapat dikenali lebih awal dan segera mendapat pengobatan.

Dalam melakukan suatu kegiatan posyandu dan cek kesehatan ini juga memiliki suatu faktor pendukung selama kegiatan berlangsung diantaranya yaitu bahwa Peserta posyandu yang terdiri dari balita, ibu balita dan lansia rajin memeriksa kesehatannya saat diadakan kegiatan posyandu dan cek kesehatan gratis. Peran aktif serta kesadaran peserta juga sudah baik dan Petugas posyandu desa Bandung ramah dan mengajak aktif tim KKN 77 untuk bergabung membantu kegiatan posyandu. Petugas posyandu juga bersedia mengajarkan kepada tim KKN 77 tentang kegiatan posyandu
Dalam kegiatan ini juga memiliki suatu hambatan yaitu diantaranya yaitu adanya peserta pos yandu yang tidak mau mengantri sehingga nomor urut menjadi berantakan dan kondusi tidak bisa kondusifKegiatan posyandu dan cek kesehatan gratis ini juga memiliki hasil yang dicapai dan tindak lanjut. Dalam kegiatan Posyandu balita, cek kesehatan ibu balita dan lansia berlangsung dengan lancar. Para balita dapat melakukan penimbangan berat badan , pengukuran tinggi badan, dan pemberian vitamin berjalan dengan lancar. 
Para ibu balita juga dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan anak balitanya, para ibu balita juga bisa cek kesehatan gratis , selain itu juga ada lansia yang dapat memantau penyakit yang timbul akibat proses penuaan. Dari hasil pemeriksaan , kebanyakan para lansia menderita darah tinggi, darah rendah, dan rematik. Setelah dilakukannya pemeriksaan , para lansia diberikan obat, guna untuk melakukan suatu pencegahan penyakit yang telah dideritany, dan dindak lanjut dalam kegiatan ini diharapkan untuk warga desa bandung selalu menjaga kesehatannya dan apa yang dikeluhkan pada saat cek kesehatan gratis yang kami lakukan kedepannya bisa membaik dan sehat kembali.

Posting Komentar

0 Komentar