POTENSI DESA BANDUNG

POTENSI DESA BANDUNG

1. Jagung
Jagung merupakan salah satu komoditiunggul di Desa Bandung. Sebagian Besar Lahan Pertanian Di tanami jjagung pada musim kemarau.  Jagung yang di tanam di Desa Bandung adalah varietas Jagung Madura. Jagung adalah salah satu tanaman penting di Pulau Madura, selain padi, tembakau, kacang-kacangan dan lainnya. Varietas Jagung lokal masih menjadi pilihan utama bagi petani-petani di daerah tersebut. Kasryno, et al (2005) menyebutkan, 90 persen petani di Madura masih menggunakan varietas jagung lokal. Jagung bisa di panen dalam wakru kurang lebih 90 hari. Jagung dipilih karena tidak terlalu membutuhkan banyak air yang nantiya akan susah ditemukan oleh petani jagung di desa bandung.

2. Potensi dari 6 sektor :
a. Sektor pertanian tanaman pangan
Sektor pertanian tanaman pangan di Desa Bandung yaitu padi, Jagung, ketela pohon. Beberapa tanaman tersebut yang ada di Desa Bandung. Produksi tanaman jagung, dan ketela pohon masih sangat rendah untuk di dsn. Pangloros. Dsn yang menghasilkan produksi ter besar dan rata-rata banyak menghasilkan yaitu tanamn jagung yang terdapat di Dsn. Tormas.
b. Sektor pertanian tanaman holtikultura
Sektor pertanian tanaman holtikura yang berkembang di Desa Bandung berupa tanaman buah-buahan dan bunga meliputi mangga, pisang, bunga sepatu, dan jeruk nipis.
c. Sistem pertanian tanaman perkebunan
Sebagian tanaman perkebunan ada di Desa Bandung, seperti kelapa dan siwalan. Tetapi sistem tanam di sini tidak menggunakan sistem tanam kebun. Karena lahan yang digunakan sangat minim untuk dijadikan perkebunan. Karena tanah yang ada di Desa Bandung ini berupa tanah liat, jadi tanaman cocok untuk di tanam di Desa Bandung.
d. Sektor Peternakan
Jenis ternak yang berkembang di Desa Bandung meliputi ternak besar dan kecil serta anak unggas. Untuk ternak besar dan kecil meliputi, sapi, kerbau, dan kambing. Sedangkan jenis ternak unggas meliputi ayam buras, ayam ras dan itik.
e. Sektor Perikanan
Sektor perikanan yang terdapat di Desa Bandung sangat sulit untuk di kembangkan dana dibudidayakan, karena di Desa Bandung sangat dominan bermata pencaharian sebagai petani dan marantau. Lokasi yang kurang untuk digunakan sebagai budidaya perikanan.

f. Sektor industri
Sektor Industri yang berkembang di Desa Bandung berupa industri kecil, industri rumah tangga. Jumlah industri yang ada dari tahun ke tahun meningkat terutama untuk industri kecil dan industri kerajinan rumah tangga. Industri yang terdapat di Desa Bandung meliputi: pembuatan keris, meubel dan beberapa usaha toko kecil lainnya. Industri pembuatan keris di Desa Bandung paling menonjol dan menjadi produk unggulan Desa Bandung. Pembutan keris ini sangat sedikit sekali masyarakat untuk mengetahuinya karena kurangnya peminat untuk meneruskan usaha ini dan hanya ada 1 orang yang meneruskan usaha industri tersebut



Posting Komentar

0 Komentar